5 Cara Menghapus Virus di Android Tanpa Antivirus

Cara Menghapus Virus di Android Tanpa Antivirus – Banyak yang mengira bahwa menghapus virus di android hanya bisa dilakukan dengan antivirus saja. Memang aplikasi tersebut terbilang efektif untuk menghapus virus. Namun dikhawatirkan justru malware atau virus tersebut justru menyamar sebagai aplikasi pembasminya. Hal ini akan membuat smartphone makin parah terinfeksi. Selain itu tidak semua ponsel kompatibel untuk beberapa jenis antivirus tertentu karena kapasitasnya yang terlalu besar.

Jika anda tidak memungkinkan menggunakan antivirus, sebenarnya bisa dengan cara manual dalam menghapus hal yang tidak diinginkan tersebut. Cara paling aman adalah dengan masuk ke Safe Mode. Disini anda bisa mengidentifikasi virus secara jelas dan langsung bisa menguninstallnya. Menghapus virus dengan safe mode pun terbilang mudah karena hanya memerlukan beberapa langkah saja. berikut beberapa cara menghapus virus di android tanpa antivirus.

Cara Menghapus Virus di Android Tanpa Antivirus

Cara Menghapus Virus di Android Tanpa Antivirus

Berbagai Cara Menghapus Virus di Android Tanpa Antivirus

  1. Masuk ke Safe Mode

Pertama-tama masuk terlebih dulu ke safe mode. Fungsinya agar android anda lebih ringan karena hanya menjalankan aplikasi inti sistem saja. Di mode ini semua aplikasi yang anda install akan hilang sementara. Cara masuk ke safe mode adalah dengan menekan tombol Power dan Volume saat proses booting. Cara tersebut biasanya cocok untuk hampir semua tipe android.

  1. Cek aplikasi di safe mode

Setelah itu masuk ke menu Settings kemudian tekan Apps. Kemudian tap Download. Di mode ini sistem akan menghilangkan semua aplikasi pihak ketiga. Dari sinilah anda bisa mengidentifikasi virus yang masuk karena di langkah ini anda bisa melihat apakah ada aplikasi asing di dalamnya yang mengindikasikan sebagai virus.

Baca Juga Antivirus Terbaik untuk Android Nougat

  1. Hapus aplikasi asing

Setelah mengindentifikasi aplikasi asing tersebut, klik Uninstall. Namun kebanyakan kasus virus yang menyamar menjadi aplikasi asing ini sulit dihapus. Hal ini terjadi karena anda memberikan akses administrator pada aplikasi tersebut. Maka jika hal tersebut terjadi anda mesti menghapus akses administrator aplikasi tersebut.

  1. Hapus akses administrator

Langsung masuk ke menu settings, kemudian pilih security dan device administrator. Hilangkan akses administrator dari aplikasi mencurigakan tadi. Setelah itu kembali lagi ke menu aplikasi asing itu terpasang kemudian klik uninstall. Seharusnya jika akses administrator sudah dihapus anda akan mudah menguninstall aplikasi asing tersebut.

  1. Keluar safe mode

Untuk keluar Safe Mode anda hanya perlu melakukan restart smartphone seperti biasa. Dengan langkah sederhana tersebut anda bisa menghapus virus tanpa memerlukan aplikasi antivirus. Ponsel android anda pun akan terbebas dari virus dan berjalan normal lagi dengan menghapus virus melalui safe mode ini.

Baca Juga Daftar Aplikasi Antivirus Android Terbaik Gratis

Demikianlah berbagai cara menghapus virus tanpa antivirus yang bisa anda coba. Jangan lupa selalu buat back up data untuk mengantisipasi hal yang tak terduga.