3 Cara Menambah RAM Android Tanpa Root dengan Mudah

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root dengan Mudah – Smartphone Android memang berkembang sangat cepat. Selain menyajikan performa dan fitur-fitur yang canggih, sudah banyak pabrikan ponsel yang mengeluarkan smartphone Android canggih dengan harga yang murah. Android dikatakan canggih, memang bisa dilihat5 dari spesifikasi yang dimilikinya. Seperti dalam urusan hardware, software dan juga fitur-fitur di dalamnya.

Nah khusus untuk hardware, pasti tidak terlepas dari yang namanya memori RAM. Karena harus diakui, memori RAM memang snagat mempengaruhi kinerja dari smartphone Android. Semakin besar RAM yang dimiliki, semakin baik juga performanya ketika sedang multitasking ataupun bermain game. Khusus pada artikel in., nicehp.com akan menyajikan informasi cara menambah RAM Android. Namun sebelum masuk ke topik utama, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu RAM.

Pengertian dan Funsgi RAM di Android

RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu komponen perangkat keras. Tidak hanya ada pada smartphone Android, RAM juga terdapat pada perangkat-perangkat elektronik lainnya seperti C{U dan Laptop. Fungsi dari RAm sendiri, yaitu sebagai penyimpanan dan penyuplai data sementara baik itu ketika sedang membuka aplikasi ataupun sedang bermain game. Data yang disimpan oleh RAM, selanjutnya akan diproses oleh prosesor secara cepat sehingga menjadi informasi.

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root

Dari pengertian dan fungsi RAM Android diatas, dapat disimpulkan kalau semakin besar kapasitas RAM, akan semakin banyak juga data yang bisa di prozes. Jadi performa smartphone dengan RAM lebih besar akan lebih baik dibandingkan smartphone dengan RAM kecil. Oleh karena itu jika saat ini smartphone Android Anda hanya memiliki kapasitas RAM kecil, bisa mencoba cara menambah RAM Android tanpa root dibawah ini.

1. Cara menambah RAM Android dengan Aplikasi RAM Manager

Cara menambah RAM Android dengan Aplikasi RAM Manager

Aplikasi RAM Manager ini menjadi salah satu aplikasi menambah RAM Android yang paling populer. Karena selain memiliki banyak fungsi, cara penggunaannya pun tergolong mudah. Selain versi gratis, terdapat juga versi berbayar dari aplikasi ini, yaitu RAM Manager Pro.

  1. Download aplikasi RAM Manager, lalu instal.
  2. Setelah instal selesai, buka aplikasi lalu masuk ke menu RAM.
  3. Lalu Anda tinggal melakukan Setting sesuai selera Anda.

Baca Juga Cara Mengetahui Password Wifi di Android

2. Cara menambah RAM Android dengan Aplikasi Smart Booster

Cara menambah RAM Android dengan Aplikasi Smart Booster

  1. Download aplikasi Smart Booster, lalu instal.
  2. Setelah instal selesai, buka aplikasi lalu tab Start Now.
  3. Setelah itu tab lagi ikon bergambar Roket untuk melakukan pelepasan RAM.
  4. Jika Anda ingin meningkatkan lagi performa Android Anda, bisa dengan masuk ke Setting > RAM Boost ubah setelah Boost Level menjadi level Aggressive.
  5. Cara ini bisa membuat Android Anda melakukan pelepasan RAM secara terus menerus, untuk menyiasatinya bisa dengan masuk ke Boost automatically, lalu ubah setelah RAM threshold (MB) menjadi 100 MB dan juga Boost interval-nya minimal menjadi 5 minutes.

3. Cara menambah RAM Android dengan Aplikasi < 2GB RAM Booster

Cara menambah RAM Android dengan Aplikasi 2GB RAM Booster

  1. Download aplikasi < 2GB RAM Booster, lalu instal.
  2. Buka aplikasi, lalu tab tulisan Boost di tengah.
  3. Tunggu hingga proses selesai.
  4. Sekarang Anda sudah berhasil menambah RAM Android Anda.

Selain 3 aplikasi penambah RAM Android diatas, masih banyak aplikasi lainnya yang bisa Anda pilih sesuai selera. Demikian informasi dari nicehp mengenai cara menambah RAM Android tanpa root dengan cepat. Semoga informasi diatas dapat menjadi solusi smartphone Anda Anda yang lelet. Selamat mencoba.

Baca Juga Cara Membuat RAM dan Internal Android Lebih Lega